Welcome.....and enjoy it

...............................WELCOME............................
........................................To...................................
....................................andikoe..............................

Buat semua yang pengen tahu saya dan bagaimana saya,,,, yah mungkin blog ini bisa sedikit membantu memberikan informasi tentang saya...Mudah-2an saja semua jadi bisa mengenal saya... dan yang paling penting inget sama ultah saya biar kiriman kado yang datang ke rumah semakin banyak...Thanks buat pa Dachyar yang ngajarin kita-kita orang Mata Kuliah Management Information System (MIS) ISS310805E dan yang udah kasih juga tugas kita-kita orang buat bikin blog,,,, yah,,, akhirnya saya jadi punya blog juga sekarang... buat yang penasaran sama pa Dachyar bisa liat langsung aja di blognya www.mdachyar.blogspot.comBuat temen-temen yang mau liat-liat blog saya,,, SILAHKAN...!!!Buat temen-temen yang mau komentarin blog saya,,, SILAHKAN..juga!!!atau cuma pengen liat foto saya,,,... ya, SILAHKAN banget...!!!

Selasa, 16 September 2008

Knowledge Management

manajemen pengetahuan (Knowledge Management) adalah merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber yang kompeten.

Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk, misalnya: koran, majalah, email, e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan manusia.

Mengatur suatu pengetahuan adalah suatu kebiasaan atau habit. Ketika suatu proses, keadaan dan aktivitas suatu bisnis para pelaku KM cenderung menggunakan suatu metode dalam menganalisanya. Dalam proses analisa terdapat sesuatu yang dinamakan siklus/aliran pengetahuan (knowledge flow).

KM menghasilkan suatu know-how dalam sebuah organisasi.

Salah satu contoh penerapan KM adalah pada Supply Chain.

Basic penerapan KM pada Supply Chain diantaranya :
1. Globalisasi
2. Penggabungan perusahaan (Joint-Venture)
3. Perpindahan bisnis dari produk ke jasa
4. Kerumitan produk; dll


semoga bermanfaat....

3 komentar:

deso.wijayanto mengatakan...

bagus juga ndi artikelnya
keep move the forward

adi rochmat mengatakan...

Andi, sorry gak dikirimin caranya... tapi keliatannya dah okey nih blognya... nanti ditambahin lagi yah... mau keliling dulu nih ketempat yang lain

emirato.ivanotoya mengatakan...

Hmmm... singkat dan tidak padat sorry yaa... Kalau boleh ngasih saran, seharusnya bisa lebih tajam dan menjurus pengaplikasianya di perusahaan kemudian manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan mengaplikasikannya. Ditambah jika ada statement(Kesimpulan) yang bisa menjawab kenapa sih sebuah perusahaan harus menerapkan Knowledge Management. Thanks